Selasa, 31 Januari 2012

Contoh Program C++

Listing :



# include

# include

void main()

{

//deklarasi var

clrscr();

int a;

//deklarasi proses

cout << "Uang Saya : 1000";

cout << "\nUang Teman Saya : "; cin >> a;

cout << "----------------------";

cout << "\nTotal : " << (1000+a);

getch();

}





Penjelasan :


  1. “# include dan # include ” berfungsi sebagai head dalam program. 
  2. “// deklarasi var” adalah komentar untuk deklarasi var. 
  3. “clrscr ();” berguna sebagai pembersih layar. 
  4. Di program ini variabel a bertipe data integer. 
  5. Syntax “cout” berfungsi sebagai pencetak. 
  6. Syntax \n adalah sebagai pembuat baris baru (Enter). 
  7. cout << "Uang Saya = 1000"; maksudnya adalah mencetak Uang Saya = 1000. 
  8. cout << "\nUang Teman Saya = “ cin >> a; maksudnya adalah mencetak Uang Teman Saya = yang akan diisi oleh variabel a (misal menginputkan 8000). 
  9. Cout <<”\nTotal = “ << (1000+a); maksudnya adalah mencetak Total yang di dalamnya ada proses aritmatika dari 1000 akan ditambahkan variabel a. Maka hasil dari proses aritmatikanya adalah 9000. Karena variabel a bernilai 8000. 
  10. Program di akhiri dengan mengucapkan Basmalah disertai dengan syntax “getch ();” dan dengan tanda kurung kurawal tutup “}”.

0 komentar: