Rabu, 03 Oktober 2012

TUGAS SOFTSKIL SIA MINGGU 1

NAMA  : R. SATRIO YUDHO NUGROHO

NPM     : 31109911
KELAS : 3 DB 23


TINJAUAN SEKILAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Sistem Informasi dan Organisasi Bisnis :
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan, sedangkan Organisasi Bisnis merupakan suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit).

 Siklus - Siklus Pemrosesan Transaksi :Sistem Informasi Akuntansi meliputi beragam aktivitas yang berkaitan dengan siklus-siklus pemrosesan transaksi perusahaan, yaitu :
·         Siklus pendapatan
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran-pembayaran yang berkaitan.
·         Siklus pengluaran
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban yang berkaitan.
·         Siklus produksi
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan sumberdaya menjadi barang dan jasa.
·         Siklus keuangan
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan manajemen dana-dana modal, termasuk kas.

Akuntansi dan Teknologi Informasi :
Penggunaan IT dalam akuntansi ialah efisiensi, penghematan waktu dan biaya, peningkatan efektifitas, mencapai hasil / output laporan keuangan dengan benar. Kemajuan pesat Teknologi Informasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan aplikasi ilmu akuntansi.
Munculnya istilah enterprise systems, e-business, business intelligence, conforming to assurance and compliance standards, IT governance, business continuity management, privacy management, business process improvement, mobile and remote computing, XBRL, dan knowledge management menunjukkan bahwa dunia akuntansi akan semakin kompleks, tidak hanya berkutat pada jurnal dan penyusunan laporan keuangan saja.
Peran akuntan dapat meliputi tiga bidang, yaitu perancang, pengguna dan pemeriksa (auditor). Dalam ketiga peran ini, Teknologi Informasi akan sangat berperan dalam kesuksesan kerja akuntan.
Tentu saja pengetahuan tentang TI bukan segalanya dalam konteks ilmu sistem informasi akuntansi. Diperlukan pemahaman lainnnya seperti database, pelaporan yang baik, pengendalian, business operation, pemrosesan transaksi, pengambilan keputusan manajemen,  pengembangan dan penggunaan sistem, komunikasi, dan pemahaman prinsip akuntansi dan audit.

Akuntan dan Pengembangan :
Istilah sistem informasi akuntansi mencakup kegiatan pengembangan sistem yang menurut sudut pandang akuntan atau auditor, dilakukan secara profesional. Akuntan-akuntan dapat melakukan kegiatan pengembangan sistem, baik secara intern untuk perusahaan mereka, ataupun secara ekstern sebagai konsultan.


            SOAL PILIHAN GANDA
1.       Manakah yang merupakan siklus pemrosesan transaksi ?
a.       Siklus pemeriksaan
b.      Siklus pemrosesan
c.       Siklus pengeluaran
d.      Siklus pengolahan
2.       Peranan dari seorang akuntan adalah, Kecuali ?
a.       Pengatur
b.      Perancang
c.       Pemeriksa
d.      Pengguna
3.       Dibawah ini manakah istilah – istilah yang menunjukkan bahwa dunia akuntansi akan semakin kompleks ?
a.       Management system
b.      Privacy management
c.       IT global
d.      Intelligence business
            SOAL ESAY
1.       Jelaskan pengertian dari Organisasi Bisnis?
2.       Jelaskan perbedaan antara siklus keuangan dengan siklus produksi ?

JAWABAN SOAL PILIHAN GANDA
1.       C. Siklus pengeluaran
2.       A. Pengatur
3.       B. Privacy management
JAWABAN SOAL PILIHAN GANDA
1.       Organisasi Bisnis merupakan suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit)
2.       Siklus keuangan        : Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan manajemen
dana-dana modal, termasuk kas
Siklus produksi          : Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan sumberdaya
menjadi barang dan jasa

0 komentar: