Selasa, 08 Januari 2013

TUGAS SOFTSKILL SIA KE - 12

Nama  : R. Satrio Yudho Nugroho

NPM  : 31109911
Kelas  : 3 DB 23


12. PERENCANAAN DAN ANALIS SISTEM
Analisis Sistem merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Perencanaan sistem adalah proses membuat sebuah laporan perencananaa sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi.
Perencanaan sistem dilakukan saat suatu kegiatan akan berjalan. Tujuannnya untuk melihat kesempatan memanfaatkan teknologi informasi dan membangun proyek sistem yang mendukung tujuan bisnis.

12.1.   PERANCANGAN SISTEM DAN ANALISIS KELAYAKAN
A.      Tujuannya adalah :
1.       Menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulkan.
2.       Berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar – benar dapat dicapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala yang terdapat pada perusahaan serta dampak terhadap lingkungan sekeliling.

B.      Perencanaan sistem dan analisis sistem mencakup 7 tahap yaitu :
1.       Pembahasan dan perencanaan pada tingkat manajemen puncak.
2.       Penetapan dewan pengarah perencanaan sistem.
3.       Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan.
4.       Pengembangan perencanaan sistem informasi strategik.
5.       Identifikasi dan memprioritaskan area spesifik dalam organisasi sebagai fokus pengembangan sistem.
6.       Pembuatan proposal sistem untuk mendukung dasar analisis dan perancangan awal sub sistem tertentu.
7.       Pembentukan tim untuk tujuan analisis perancangan awal sistem.

C.      Tugas – tugas analisis kelayakan :
1.       Penentuan masalah dan peluang yang dituju sistem.
2.       Pembentukan sasaran sistem baru.
3.       Pengidentifikasian para pemakai sistem
D.      Metode penentuan penganggaran modal :
1.       Payback period
2.       Net present value
3.       Internal rate of return
4.       Modified internal rate of return.

E.       Ukuran kelayakan :
1.       Teknologi
2.       Ekonomi
3.       Non ekonomi
4.       Organisasi atau operasional
5.       Jadwal

12.2.   LANGKAH – LANGKAH ANALISIS SISTEM
Langkah-langkah analisis sistem :
1.       Identify , mengidentifikasi masalah merupakan langkah pertaman yang dilakukan dalam tahap analisis sistem. Tugas yang harus dilakukan analis sistem adalah :
a.       Mengidentifikasi penyebab masalah
b.      Mengidentifikasi titik keputusan
c.       Mengidentifikasi personil – personil kunci

2.       Understand, memahami kerja sistem yang ada
Langkah ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi. Diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian.Sejumlah data perlu dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang ada yaitu wawancara, observasi, daftar pertanyaan dan pengambilan sampel

3.       Analyze, Menganalisis sistem
Langkah ini dilakukan berdasarkan data yagn telah diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan pertanyaan dan kriteria ini, selanjutnya analis sistem akan dapat melakukan analis dari hasil penelitian dengan baik untuk menemukan kelemahan dan permasalahan dari sistem yang ada.

4.       Report , membuat laporan hasil analisis.
Laporan hasil analisis diserahkan ke Panitia Pengarah yang nantinya akan diteruskan ke manajemen. Pihak manajemen bersama-sama dengan panitia pengarah dan pemakai sistem akan mempelajari temuan-temuan dan analis yang telah dilakukan oleh analis sistem yang disajikan dalam laporan ini.

Tujuan utama dari penyerahan laporan ini kepada manajemen adalah :
1.       Analisis telah dilakukan
2.       Meluruskan kesalah pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
3.       Meminta pendapat dan saran dari pihak manajemen
4.       Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan.

12.3.   TEKNIK – TEKNIK PENGUMPULAN FAKTA
Fakta merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi yang menjamin analisis permodelan.
Ada tiga sumber yaitu :
1.       Sistem yang berjalan
menyediakan kesempatan untuk menetukan apakah sistem memuaskan,perlu sedikit perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau diganti.Juga menyediakan sumber ide perancangan untuk membantu analis mengidentifikasikan sumber yang ada bagi sistem yang baru.

2.       Sumber internal lainnya
Sumber yang utama adalah orang yang akan menggunakan system yang baru.Sumber kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi. Dokumen dapat diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah dilakukan organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi

3.       Sumber eksternal
Informasi yang berasal dari luar organisasi membuka cakrawala ide dan teknik. Banyak industri dari kelompok dan seminar memberikan.

12.4.   TEKNIK – TEKNIK MENGORGANISASIKAN FAKTA
Teknik untuk mengorganisasikan fakta terdiri dari :
Ø  Analisis pengukuran kinerja
Ø  Analisis Distribusi kerja
Ø  Analisis Fungsional
Ø  Analisis Matriks

12.5.   ANALISIS SISTEM TERSTRUKTUR
Adalah Salah satu pendekatan formal pertama untuk analisis sistem informasi. Analisis ini terfokus pada aliran data dan proses bisnis dan perangkat lunak. Analisis ini disebut proses oriented. Analisis terstruktur sederhana dalam konsep. Proses analis menggambarkan serangkaian proses dalam bentuk diagram alir data (Data Flow Diagram) yang menggambarkan proses yang ada atau yang diusulkan bersama-sama dengan input , output dan file mereka.

















SOAL PG :
1.       Teknik untuk mengorganisasikan fakta terdiri dari, KECUALI ?
a.       Analisis pengukuran kinerja
b.      Analisis Distribusi kerja
c.       Analisis Sistematis
d.      Analisis Matriks

2.       Terdapat 3 sumber dalam teknik pengumpulan fakta, diantaranya adalah ?
a.       Sistem Tetap
b.      Sistem Berjalan
c.       Sistem Efesiansi
d.      A, B dan C salah

3.       Manakah dibawah ini yang salah dari tugas yang harus dilakukan analis sistem ?
a.       Mengidentifikasi penyebab masalah
b.      Mengidentifikasi fakta
c.       Mengidentifikasi titik keputusan
d.      Mengidentifikasi personil – personil kunci

SOAL ESSAY :
1.       Apa yang kalian ketahui dengan Analisis Sistem ?
Jawab : penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.

2.       Sebutkan tujuan dari perancangan sistem dan analisis kelayakan?
Jawab : a. Menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulkan.
                b. Berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar – benar
                   dapat dicapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala yang
                   terdapat pada perusahaan serta dampak terhadap lingkungan sekeliling.

Artikel Terkait :
Berdasarkan persyaratan pengguna dan analisis rinci dari sebuah sistem baru, sistem baru harus dirancang. Ini adalah fase perancangan sistem. Ini adalah fase yang paling penting dalam pengembangan sistem. Biasanya, desain hasil dalam dua tahap:
awal atau umum desain
Struktur atau desain rinci
Desain awal atau umum: Dalam desain awal atau umum, fitur dari sistem yang baru ini ditetapkan. Biaya penerapan fitur dan manfaat yang akan diperoleh diperkirakan. Jika proyek ini masih dianggap layak, kita bergerak ke tahap desain rinci.
Struktur atau desain Detil: Pada tahap desain rinci, berorientasi kerja komputer dimulai.  Pada tahap ini, desain sistem menjadi lebih terstruktur. Struktur desain adalah cetak biru dari solusi sistem komputer untuk masalah yang diberikan memiliki komponen yang sama dan antar-hubungan antar komponen yang sama seperti masalah asli. Input, output dan pemrosesan spesifikasi disusun secara rinci. Pada tahap desain, bahasa pemrograman dan platform di mana sistem baru akan berjalan juga memutuskan.
Sebuah studi kelayakan adalah studi pendahuluan dilakukan sebelum pekerjaan yang sebenarnya dari proyek dimulai untuk memastikan kemungkinan keberhasilan proyek. Ini adalah analisis solusi yang mungkin untuk masalah dan rekomendasi pada solusi terbaik untuk digunakan. Ini melibatkan mengevaluasi bagaimana solusi yang akan masuk ke perusahaan. Ini misalkan dapat memutuskan apakah pemrosesan order dilakukan oleh system baru yang lebih efisien dari yang seblumnya.

Sumber : http://arisuhari.blogspot.com/2012/12/perencanaan-dan-analisis-sistem.html

0 komentar: