NAMA : R. SATRIO YUDHO NUGROHO
NPM : 31109911
KELAS : 3 DB 23
6.1
Aplikasi – Aplikasi Siklus Produksi
Siklus hidup produk manajemen (atau PLCM) adalah suksesi strategi yang
digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan melalui siklus
hidup-nya. Kondisi di mana suatu produk dijual (iklan, saturasi) perubahan dari
waktu ke waktu dan harus dikelola sebagai bergerak melalui tahap suksesi nya.
Siklus hidup produk (PLC) Seperti manusia, produk juga memiliki busur.
Dari lahir sampai mati, manusia melewati berbagai tahap misalnya kelahiran,
pertumbuhan, kematangan, penurunan dan kematian. Sebuah siklus hidup serupa
terlihat dalam hal produk. Siklus hidup produk berjalan melalui beberapa tahap,
melibatkan disiplin profesional banyak, dan membutuhkan banyak keterampilan,
alat dan proses.
Siklus hidup produk (PLC) harus dilakukan dengan kehidupan sebuah produk
di pasar sehubungan dengan bisnis / komersial dan biaya langkah-langkah
penjualan.
Untuk mengatakan bahwa suatu produk memiliki siklus hidup adalah untuk
menegaskan tiga hal :
1.
Produk
memiliki hidup yang terbatas
2.
Penjualan
produk melalui tahap yang berbeda, masing-masing tantangan yang berbeda berpose,
peluang, dan masalah kepada penjual
3.
Produk
memerlukan pemasaran yang berbeda, pembiayaan, manufaktur, pembelian, dan
strategi sumber daya manusia di setiap tahap siklus hidup.
Empat tahap utama
siklus hidup produk dan karakteristik yang menyertainya adalah :
1.
Pasar
tahap pengenalan
a.
biaya
sangat tinggi
b.
penjualan
lambat untuk memulai
c.
sedikit
atau tidak ada persaingan
d.
permintaan
harus dibuat
e.
pelanggan
harus diminta untuk mencoba produk
f.
membuat
uang pada tahap ini
2.
Pertumbuhan
tahap
a.
mengurangi
biaya karena skala ekonomi
b.
volume
penjualan meningkat secara signifikan
c.
mulai
meningkat
d.
meningkatkan
kesadaran public
e.
kompetisi
mulai meningkat dengan pemain baru dalam membangun pasar
f.
persaingan
yang meningkat menyebabkan penurunan harga
3.
Kematangan
tahap
a.
biaya
diturunkan sebagai akibat dari volume produksi meningkat dan mengalami efek
kurva
b.
puncak
volume penjualan dan kejenuhan pasar tercapai
c.
peningkatan
pesaing memasuki pasar
d.
harga
cenderung turun karena proliferasi produk yang bersaing
e.
merek dan
diversifikasi fitur ditekankan untuk memelihara atau meningkatkan pangsa pasar
f.
Keuntungan
industri turun
4.
Aturasi
dan Tahap penurunan
a.
biaya
menjadi kontra-optimal
b.
penurunan
volume penjualan
c.
harga,
mengurangi profitabilitas
d.
keuntungan
menjadi lebih tantangan produksi / distribusi efisiensi dari penjualan
meningkat
6.2
Aplikasi – Aplikasi Siklus Keuangan
Manajemen keuangan dimulai dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini
digunakan untuk mengembangkan sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka -
rencana yang realistis, dapat dinilai dan merupakan cara yang paling efisien
untuk mencapai tujuan.
Rencana ini diterjemahkan ke dalam anggaran yang memberikan sumber daya
untuk setiap aktivitas - penyusunan anggaran akan memberikan informasi tambahan
tentang setiap aktivitas yang dapat menyebabkan rencana harus diubah. Ketika
ini bagian dari siklus selesai, akan ada anggaran singkat yang mengalokasikan
sumber daya untuk setiap aktivitas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran
yang akan sedekat mungkin dengan operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai, akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan
pada semua transaksi keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi
formal yang dilakukan oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi
dilakukan oleh manajer proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer
transfer informasi dari laporan akuntansi ke dalam anggaran.
Selama fase ini manajer terus
menerus membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi.
Kegiatan ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk
menangani bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek, manajer bersama dengan personil akuntansi
akan menghasilkan serangkaian laporan hasil keuangan proyek. Laporan-laporan
ini akan dimasukkan ke dalam laporan keseluruhan proyek dan memberikan
informasi berharga untuk membantu dalam pengembangan proyek-proyek masa depan.
SOAL
PG :
1.
Ada tiga
hal untuk mengatakan bahwa suatu produk memiliki siklus hidup, yaitu, KECUALI ?
a.
Produk
memiliki hidup yang terbatas
b.
Penjualan
produk melalui tahap yang berbeda, masing-masing tantangan yang berbeda berpose,
peluang, dan masalah kepada penjual
c.
Produk
memerlukan pemasaran yang berbeda, pembiayaan, manufaktur, pembelian, dan
strategi sumber daya manusia di setiap tahap siklus hidup
d.
Produk yang dijual di pasaran diperoleh dari
distributor ←
2.
Tahap
utama siklus hidup produk dan karakteristik pasar tahap pengenalan adalah ?
a.
Biaya
sangat rendah
b.
Penjualan sangat
pesat
c.
Sedikit atau tidak ada persaingan ←
d.
Permintaan
sesuai dengan perekonomian pasar
3.
Aturasi
dan Tahap penurunan adalah, KECUALI ?
a.
biaya
menjadi kontra-optimal
b.
penurunan
volume penjualan
c.
harga,
mengurangi profitabilitas
d.
keuntungan menjadi lebih menurun ←
SOAL
ESSAY :
1.
Apa yang
dimaksud dengan Siklus hidup produk manajemen (atau PLCM) ?
Jawab : suksesi strategi yang digunakan oleh
manajemen bisnis sebagai produk berjalan melalui siklus hidup-nya
2.
Sebutkan 5
Kematangan tahap ?
Jawab : biaya diturunkan
sebagai akibat dari volume produksi meningkat dan mengalami efek kurva, puncak
volume penjualan dan kejenuhan pasar tercapai, peningkatan pesaing memasuki
pasar, harga cenderung turun karena proliferasi produk yang bersaing dan merek
dan diversifikasi fitur ditekankan untuk memelihara atau meningkatkan pangsa
pasar
Artikel
terkait :
Siklus Produksi
Siklus Produksi adalah rangkaian aktivitas
bisnis dan operasi pemrosesan data terkait yang terus terjadi yang berkaitan
dengan pembuatan produk.
Ada empat aktivitas dasar dalam siklus produksi
:
1.
Perancangan
Produk
Langkah pertama dalam siklus produksi adalah Perancangan produk.
Tujuan aktivitas ini adalah untuk merancang sebuah produk yang memenugi
permintaan dalam hal kualitas, ketahanan, dan fungsi, dan secara simultan
meminimalkan biaya produksi.
2.
Perencanaan
dan Penjadwalan
Langkah kedua dalam siklus produksi adalah perencanaan dan penjadwalan.
Tujuan dari langkah ini adalah mengembangkan rencana produksi yang cukup
efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka
pendek tanpa menimbulkan kelebihan persediaan barang jadi.
3.
Operasi
Produksi
Langkah ketiga dalam siklus produksi adalah produksi aktual dari produk.
Cara aktivitas ini dicapai sangat berbeda di berbagai perusahaan.
4.
Akuntansi
Biaya
Langkah terakhir dalam siklus produksi adalah akuntansi biaya. Apakah
tiga tujuan dasar dari sistem akuntansi biaya itu ?
a.
Untuk
memberikan informasi untuk perencanaan, pengendalian, dan penilaian kinerja
dari operasi produksi
b.
Memberikan
data biaya yang akurat mengenai produk untuk digunakan dalam menetapkan harga
serta keputusan bauran produk.
c.
Mengumpulkan
dan memproses informasi yang digunakan
untuk menghitung persediaan serta nilai harga pokok penjualan yang
muncul di laporan keuangan perusahaan.
4. Siklus Keuangan/ Penggajian
Apakah aktivitas-aktivitas dasar yang dilakukan
dalam siklus penggajian ?
a.
Perbarui File
Induk Penggajian
b.
Perbarui
Tarif dan Pemotongan pajak
c.
Validasi
Data Waktu dan Kehadiran
d.
Mempersiapkan
Penggajian
e.
Membayar
Gaji
f.
Hitung
Kompensasi dan Pajak yang Dibayar Perusahaan
g.
Keluarkan
Pajak Penghasilan dan Potonagn Lain-Lain
Sumber : http://andriedwicn.wordpress.com/2011/01/06/siklus-pendapatan-pengeluaran-produksi-dan-keuangan-pada-software-aplikasi-myob-accounting/
0 komentar:
Posting Komentar