Sabtu, 06 Maret 2010

TUGAS SOFTSKILL ORGANISASI & METODE

NAMA : R.SATRIO YUDHO NUGROHO

NPM : 31109911

KELAS : 1DB23

MATA KULIAH : ORGANISASI & METODE

DOSEN : MARTANI


1. Sebutkan 6 (sumber-sumber) manajemen ( The Six M’s Manajement) !

2. Mengapa Market dan Methods tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen ?

3. Apa yang dimaksud dengan Efisien dan Efektif ?

4. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam scope O & M !

~JAWAB~

1. ►Money (uang) ►Man (manusia)

►Machine (mesin) ►Metode (cara)

►Matherial (materi) ►Market (pasar)

2. Karena method itu bukan sebuah sumber manajemen melainkan sebuah tata kerja dalam sebuah pekerjaan. sama dengan Market, bukan termasuk kategori sumber manajemen tapi merupakan tempat dimana mereka memasarkan produknya.

3. Efektif adalah 1 ‘ada efeknya’ (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 2 ‘manjur atau mujarab’ (tt obat); 3 ‘dapat membawa hasil; berhasil guna’ (tt usaha, tindakan); ‘mangkus’; 4 ‘mulai berlaku’ (tt undang-undang, peraturan). Sementara itu, efektivitas memiliki pengertian ‘keefektifan’. Keefektifan adalah 1 ‘keadaan berpengaruh’; ‘hal berkesan’; 2 ‘kemanjuran’; ‘kemujaraban’ (tt obat); 3 ‘keberhasilan’ (tt usaha, tindakan); ‘kemangkusan’; 4 ‘hal mulai berlakunya’ (tentang undang-undang, peraturan. Sementara itu, efisiensi (berjenis kata benda) berasal dari kata efisien (kata sifat).

Efisien adalah 1 ‘tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya)’; 2 ‘mampu menjalankan tugas dgn tepat dan cermat’; ‘berdaya guna’; ‘bertepat guna’; ‘sangkil’. Selanjutnya, efisiensi adalah 1 ‘ketepatan cara (usaha, kerja) dl menjalankan sesuatu (dengan tidak membuang waktu, tenaga, biaya)’; ‘kedayagunaan’; ‘ketepatgunaan’; ‘kesangkilan’; 2 kemampuan menjalankan tugas dng baik dan tepat (dng tidak membuang waktu, tenaga, biaya)’. Berdasarkan pengertian pengertian tadi dapat

Disimpulkan bahwa efektivitas adalah ‘semua usaha dan tindakan yang dapat membawa hasil’, sedangkan efisiensi adalah ‘ketepatan cara dan kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan tepat dengan tidak membuang waktu, tenaga, dan biaya’.

4. Kegiatan-kegiatan yang termasuk ruang lingkup atau scope dalam O&M adalah:
- Anailisis organisasi
- Komunikasi dalam organisasi
- Tata kerja, prosedur dan system kerja
- Pentingnya filling
- Penyimpanan data & dokumen
- Formulir
- Pendayagunaan mesin kantor & peralatan
- Penyusunan tata ruang & perencanaannya
- Penulisan laporan
- Penyusunan buku pedoman kerja
- Penyusunan Anggaran belanja
- Analisis kepegawaian.

0 komentar: